Moskow Juga Demam Batu Akik, Namanya Batu Amber

Batuakiksalatiga | Moskow - Masyarakat Indonesia saat ini tengah gandrung dengan batu akik. Tapi kalau ke Moskow, Rusia, wisatawan juga bisa berburu batu mulia. Yang ngetop di Moskow adalah jenis batu Amber. Seperti apa sih?



Di Jalan Arbat, Moskow, Rusia, ada beberapa toko yang menjual jenis batu mulia semacam akik. Namanya di sini adalah batu Amber, yakni jenis batu yang berasal dari resin pohon tumbuhan langka berumur jutaan tahun yang menjadi fosil.

"Resin itu kemudian membeku dan menjadi batu," kata Mia Rachel, warga Indonesia yang sudah menetap lama di Moskow, Rusia saat bersama detikTravel berkunjung ke Jalan Arbat, Moskow, Minggu (24/5/2015) lalu.

Walhasil batu-batu amber itu pun tampak cantik dan unik. Tak jarang ada fosil binatang, seperti semut dan serangga di dalam batu amber tersebut. Hal inilah yang membuat harga amber cukup mahal.

Di Jalan Arbat, satu butir batu amber dengan diameter 0,5 centimeter dijual dengan harga di atas 1.200 Rubel Rusia atau sekitar Rp 284 ribu. Warna batu amber bermacam-macam. Selain oranye kekuning-kuningan, amber memiliki warna yang beragam mulai dari putih abu-abu, kuning limau yang pucat, coklat, hampir hitam, merah.

Jenis amber yang paling diburu adalah warna hijau, dan biru. Batu-batu amber tersebut dibuat dalam berbagai bentuk kreasi. Ada yang menjadi gelang, liontin, jam tangan dan bahkan kalung. Amber berkualitas bagus digunakan dalam pembuatan barang permata dan ornamen.

Saat ini batu Amber belum begitu populer di Indonesia. Namun tidak menutup kemungkinan lambat laut batu Amber juga akan menjadi idola bagi penggemar batu mulia di Tanah Air.


Diberdayakan oleh Blogger.
Product :