Perlu Tahu : King Safir Merupakan Permata Sintetis

Pernah mendengar istilah king safir? Lalu berapa harga batu king safir di pasaran? King Safir merupakan permata sintetis. Permata ini sengaja dibuat menyerupai blue safir yang asli. Artinya, king safir bukan permata natural. Permata ini dibuat di laboraturium dengan memanaskan dan mencairkan batu safir asli kemudian dibekukan kembali. Tujuannya ialah memperbanyak jumlah permata dengan memberikan sifat asli ke dalam tiruannya. Perbedaannya hanya terletak pada seratnya.



Warna biru pada King safir akan terlihat lebih jernih dan merata. Apabila diperiksa dengan alat pembesar maka akan terlihat adanya gelembung gas.


Berikut ini beberapa material yang dipakai untuk membuat king safir:

Terbuat dari batu safir 100% asli kemudian dipanaskan sampai mencair dan dibekukan.
Terbuat dari Obsidian (Natural Glass). Di pasaran batu ini lebih terkenal dengan nama Blue Obsidian/Natural.
Terbuat dari Obsidian Leburan. Bahan pembentuknya dominan natural obsidian kemudian dicampur dengan beberapa bahan kimia tertentu supaya menghasilkan warna atau mutu tertentu.

Di pasaran orang menyebut batu ini dengan Blue Obsidian Sintesis.
Terbuat dari Kaca Beling, botol, limbah kaca. Kalau yang ini jelas bukan sintesis melainkan imitasi. Anda harus jeli saat membelinya.

Lalu berapa harga batu king safir sintesis dan imitasi? 

Untuk harga king safir sintesis, anda harus membayar sekitar Rp 100.000. sementara untuk king safir yang imitasi hanya puluhan ribu saja.



Sekarang sudah jelas perbedaan antara batu safir natural dan Sinstesis : Batu safir natural merupakan batu safir yang terbentuk dengan sendirinya di alam raya. Sementara batu safir sintetis adalah batu yang dibuat di Laboratorium dengan memakai unsur baru asli. Oleh karena itu, saat kita membawa batu sintesis untuk uji lab, kita akan melihat ada kandungan naturalnya juga. Lain lagi dengan batu imitasi yang sengaja dibuat menyerupai batu asli namun sama sekali tidak mengandung bahan batu naturalnya. Menyerupai dalam hal ini haya untuk warna serta bentuknya saja.

Jika ada pedagang yang menawari anda batu akik king safir asli dengan harga fantastis, sebaiknya anda jangan mudah terpancing. Banyak pedagang yang memanfaatkan ketidaktahuan pembeli yang tidak bisa membedakan mana batu safir dan mana batu king safir. Kata king yang digunakan adalah kode bahwa batu tersebut merupakan batu sintesis. Demikian informasi mengenai harga batu king safir. Semoga bermanfaat.

sumber : http://www.wakik.com/747/harga-batu-king-safir-asli-sintetis.html


Diberdayakan oleh Blogger.
Product :